10 Tempat Wisata di Kawasan Dieng Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kawasan Dieng Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kawasan Dieng – Dataran tinggi Dieng merupakan sebuah kawasan pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng ini memiliki sejuta panorama alam, pemandangan yang disuguhkan sangatlah luar biasa, maka tah heran Dieng menjadi destinasi wisata banyak orang.

Perlu diketahui ataran tinggi Dieng ini merupakan sebuah kawasan vulkanik yang aktif, kawasan Dieng ini merupakan pegunungan api yang memiliki beberapa puncak dan kawah. Maka tidak heran di kawasan Dieng ini banyak fenomena alam unik, yang disebabkan dari aktivitas vulkanik.

Selain terkenal akan pemandangan yang begitus asri dan alamai, Dieng mempunyai banyak potensi kekayaan alam seperti agrowisata, Dieng menjadi kawasan penghasil sayuran di Jawa tengah, banyak masyarkat sekitar yang bercocok tanam di kawasan Dieng.

10 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng

Oke langsung saja pada artikel ini saya akan membahas tentang obyek wisata wajib dikunjungi terdapat di kawasan Dieng, mulai dari wisata peninggalan sampai muncak ke Gunung. Simak di bawah ini:

1. Candi Arjuna

Tidak hanya kaya akan panorama, Dieng juga memiliki wisata budaya candi peninggalan zaman dulu. Tedapat candi yang terkenal di kawasan Dieng ini yang bernama candi arjuna. Tidak hanya Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya seperti Candi Semar, Sembadra, Puntadewa, dan Candi Srikandi, sehingga lokasi ini dikenal dengan nama komplek Percandian Arjuna.

Candi Arjuna

Berdasarkan prasasti yang di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi Arjuna dibangun pada awal abad sembilan masehi. Perpaduan antara pemandangan alam yang masih asri dengan candi yang eksotis, membuat kawasan ini menjadi destinasi favorit di Dieng.

2. Gardu Pandang Tieng

Gardu pandang Tieng yaitu rumah seperti saung yang terletak di tepi jalan di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Bangunan ini diwujudkan sebagai daerah untuk merasakan pemandangan di Kawasan Dieng dan tempat bersantai. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada saat pagi hari dan di sore hari.

Baca Juga: Makanan Khas Batam Tidak Boleh Terlewatkan

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng ini terletak di ketinggian 1800 mdpl. Dari tempat ini kalian dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian yang begitu luas dan indah juga pemukiman warga sekitar, pemandangan akan terlihat sangat bagus ketika musim pana.

3. Telaga Warna Dieng

Destinasi wisata  Dieng berikutnya tak kalah cantik, tempat ini tenar dengan nama Telaga Warna. Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini benar-benar cantik. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia.

Telaga Warna - Wisata Dieng

Keunikan Telaga Warna Dieng ini berlokasi pada warna air yang tak jarang berubah-ubah, Bisa berubah menjadi warna merah, hijau, biru atau lembayung. Fenomena alam ini terjadi karena di telaga Warna Dieng ini mengandung kandungan sulfur yang cukup tinggi. Belerang ini seandainya terpapar sinar sang surya karenanya akan menghasilkan warna berbeda-beda.

4. Telaga Merdada

Di Kawasan dataran Tinggi Dieng ini memang terdapat banyak telaga, seperti telaga warna dan telaga Merdada satu ini. Telaga ini merupakan hasil dari ledakan gunung api ribuan tahun silam, Telaga Merdada adalah salahsatu telaga yang familiar di Kawasan Dieng, perairan telaga Mardada ini lazim dipakai untuk pertanian di sekitar.

Telaga Merdada

Telaga Merdada terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Telaga Maradada ini apabila diamati dari bentuknya menyerupai kawah bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang air di dalamnya. kamu bisa melihatnya dengan jelas dari ketinggian.

5. Telaga Pengilon

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi Obyek wisata di Dieng Telaga warna tetapi tidak berkunjung ke Telaga Pengilon. telaga Pengilon merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, wisata Dieng Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Bandung Terfavorit 

Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

6. Bukit Sikunir

Di atas bukit Sikunir ini kamu dapat menikmati terbitnya matahari atau sunrise, Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata andalan. Untuk bisa mendapatkan sunrise  di bukit Sikunir Dieng ini yaitu sekitar Bulan Juni, Juli sampai Agustus dimana pada bulan tersebut merupakan musim kemarau sehingga tidak berkabut.

Bukit Sikunir - Wisata Dieng

Untuk bisa menikmati sunrise ini, disarankan kamu bermalam di bukit ini atau datang mulai dari sebelum adzan Subuh, supaya dapat menyaksikan sunrise secara maksimal. Jangan khawatir kesepian, karena tempat ini selalu rame akan wisatawan.

7. Kawah Sikidang

Seperti yang diceritakan diawal tadi, Kawasan Dieng yakni wilayah pegunungan berapi raksasa, dimana Dieng yakni pegunungan vulkanik. Salah satu hasil dari kegiatan vulkanik tersebut yakni terdapatnya beberapa kawah di wilayah Dieng. Salah satu kawah di Dieng yang familiar yakni Kawah Sikidang.

Kawah sikidang mempunyai luas sekitar 200 meter persegi. Terletak pada permukaan datar membikin pengunjung bisa dengan terang melihat kawah ini.Kawah Sikidang ini mengandung kadar sulfur yang cukup tinggi, jadi kamu sepatutnya berhati-hati.

8. Gunung Prau

Gunung Prau terletak di kawasan Dieng, memiliki ketinggian 2565 mdpl, Gunung satu ini memang tidak sepopuler gunung di sekitarnya seperti Gunung Sindoro atau Gunung Sumbing, Walaupun begitu Gunung Prau memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan Gunung lainnya.

Gunung Prau - Wisata Dieng

Dengan ketinggian 2.565 mdpl, yang terhitung rendah dibanding dengan gunung lainnya, sangat cocok untuk pendakian bersama keluarga. Salahsatu titik yang terkenal di jalur pendakian Gunung Prau ini yaitu Bukit Teletubis, yang merupkaan hamparan rumput hijau di perbukitan.

9. Batu Ratapan Angin

Yang selanjutnya adalah Batu Ratapan Angin, yaitu batu besar pada tebing terletak di ketinggian dengan lokasi berdekatan bersama Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Dari tempat ini kamu bisa melihat pemandangan pegunungan sekaligus dengan dua telaga yang begitu indah bila dilihat dari ketinggian.

Batu Ratapan Angin - Wisata dieng

Tempat ini sangat bagus dijadikan spot foto, pemandangan di pagi hari dan sore hari akan terlihat lebih bagus di Batu Ratapan Angin ini, dinamai batu ratapan angin karena konon katanya tempat ini sering digunakan sebagai tempat orang meratap.

10. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda yang berada di kawasan Dieng ini merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menarik perhatian. Sumur Jalatunda di Dieng ini memiliki diameter kurang lebih 90 meter, Sumur ini terbentuk dari letusan gunung berapi ribuan tahun lalu, yang akhirnya membentuk sumur.

Sumur Jalatunda - Tempat Wisata Dieng

Tempat wisata satu ini memang tidak sepopuler tempat lainnya di Dieng, dan masih jarang dikunjungi wisatawan, karena lokasi Sumur Jalatunda ini sedikit tersembunyi dan cukup jauh, untuk berkunjung ke sumur ini kamu harus melewati 257 anak tangga.

Itulah rekomendasi destinasi Wisata di Kawasan Dieng yang tidak boleh dilewatkan. Bila kamu berkunjung ke daerah ini, tidak salahnya kamu juga mencicipi kuliner khas Dieng ini, karena banyak makanan khas daerah yang memiliki cita rasa otentik dan harga terjangkau.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini