10 Makanan Khas Malaysia Paling Terkenal Wajib Dicoba

Makanan Khas Malaysia Paling Terkenal Wajib Dicoba

Makanan Khas Malaysia Paling Terkenal – Malaysia yang terkenal dengan Menara Petronas ini memiliki segudang wisata kuliner. Terdiri dari tiga etnis berbeda, yakni melayu, China dan etnis India, menciptakan beragam kuliner yang berbeda dan unik, walaupun banyak yang beranggapan Malaysia mempunya kesamaan dengan Indonesia dalam hal makanan.

Kehadiran tiga etnis tersebut membuat Malaysia mempunyai makanan khas unik dan mempunyai cita rasa yang beragam, ada makanan khas Melayu, makanan yang diadaptasi dari daratan China dan makanan India yang menyesuaikan dengan lidah setempat.

10 Makanan Khas Malaysia

Apabila kamu sedang berkunjung di negeri Jiran ini jangan lupa mencoba semua makanan khas Malaysia yang terkenal. Dan Jangan khawatir, di Malaysia banyak yang menjual makanan halal, karena mayoritas penduduk beragama Muslim. Nah yang penasaran dengan makanan khas Malaysia, yuk simak ulasan di bawah ini:

1. Nasi Lemak

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan nasi lemak, pasalnya di Indonesia sendiri makanan khas Malaysia ini sudah banyak dijual. Nasi lemak terbuat dari nasi yang direndam di dalam santan atau krim kelapa, diolah bersama rempah yang kemudian dikukus hingga matang.

Nasi Lemak

Nasi lemak biasnaya disajikan dengan ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi goreng, sambel goreng teri kacang serta gorengan. Nasi lemak ini memang sedikit mirip dengan nasi uduk dari Indonesia. Penjual nasi lemak bisa ditemukan dengan mudah di Malaysia.

2. Roti Canai

Roti canai merupakan makanan yang dibawa etnis India ke tanah malaysia. Disajikan dengan sambal khas, membuat roti ini begitu lezat, apalagi disantap ketika sarapan. Roti canai bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Makanan Khas Bandung Paling Favorit

Roti Canai Makanan Khas Malaysia
Roti Canai – image: friedchillies.com

Saat ini banyak penjual roti canai di Malaysia, dan bila sedang di Kuala Lumpur ada beberapa penjual roti canai yang sudah terkenal dan legendaris, salahsatunya yaitu Kedai Roti Canai Pak Ali, yang terletak di Jalan Permai Kuala Lumpur.

3. Teh Tarik

Minuman satu ini berasal dari India yang saat ini menjadi makanan khas negeri Jiran. Teh tarik terbuat dari teh dan susu yang ditarik ketika proses pembuatannya. Teknik penarikan saat pembuatan teh ini menciptakan cita rasa yang khas.

Teh tarik
Teh Tarik – image: qraved.com

Minuman ini bisa ditemui di sejumlah tempat makan di Malaysia, terutama tempat makanana yang menyajikan roti canai dan roti prata. Bila kamu berkunjung ke malaysia, wajib banget untuk mencoba teh tarik, apalagi harganya yang begitu murah.

4. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu merupakan salahsatu kuliner khas Negeri Jiran yang selalu diburu. Mempunyai warna biru, menjadi daya tarik tersendiri, tidak heran banyak orang penasaran dengan rasa nasi kerabu ini. Warna biru tersebut dihasilkan dari bahan alami yaitu elopak bunga kerabu.

Baca Juga: Makanan Khas Batam Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Nasi Kerabu makanan Khas Malaysia

Nasi kerabubiasa dihidangkan bersama lauk pauk seperti ikan, ayam, telur asin, kuah dan sayuran. Sayangnya, nasi kerabu yang benar-benar berwarna biru ini sudah jarang ditemukan di Malaysia, karena sulitnya bahan pewarna yaitu kelopak daun kerabu.

5. Asam Laksa Penang

Seperti Singapura yang memiliki hidangan Laksa, Malaysia juga punya Laksa yang tidak kalah enak, yaitu Asam laksa Penang. Makanan ini terdiri dari mie atau bihun, kemudian disiram dengan kuah khas dengan tekstur kental. kemudian ditaburi dengan topping potongan ikan, nanas, mentimun, bawang goreng dan cabai.

Asam laksa Penang
Ayam Laksa Penang – image: myfave.com

Asam laksa Penang merupakan perpaduan dari masakan khas China dengan masakan khas Melayu. Asam laksa penang ini memiliki rasa asam pedas yang begitu segar ketika disantap. Makanan satu ini pasti cocok dengan lidah orang Indonesia.

6. Ayam Percik

Terdapat dua jenis Ayam Percik, yakni Kelantan dan Trengganu. Perbedaannya adalah ayam percik Kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan beberapa rempah. Sedangkan ayam percik Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas.

Ayam Percik

Ketika proses pemanggangan, ayam percik ini dibumbui dengan cara dipercikan, oleh karena itu makanan ini dinamai Ayam Percik. Setelah selesai dipanggang, ayam akan dibumbui kembali dengan bumbu khas yang kaya akan rempah.

7. Char Kway Teow

Char kway teow malaysia ini memang terlihat mirip dengan Kwe Tiaw Indonesia. Kuliner satu ini merupakan olahan dari kwe tiau goreng versi Malaysia, yang juga terkenal di Singapura. Kwe tiaw digoreng pada wajan bersama bahan pelengkap seperti telur, udang, kerang, daun kucai, sosis, bakso ikan dan tauge.

Baca Juga: Kapal Ferry dari Balai Karimun ke Malaysia

Char Kuey Teow - Makanan Khas Malaysia
Char Kuey Teow, image: Foodadvisor.com

Mirip bumbu kwetiau di Indonesia, Bumbu char kway teow juga tak jauh terdiri dari bawang putih, kecap manis, kecap ikan dan cabai. Di beberapa daerah char kway teow dimasak dengan daging kepiting dan seafood lainnya. Char Kuew Teow ini sangat lezat dan gurih.

8. Nasi Daun Pisang

Dibawa oleh etnis India melalui perdagangan, saat ini nasi daun pisang menjadi makanan khas Malaysia. Dari namanya sendiri kita sudah bisa menebak bahwa nasi ini tentunya dihidangkan di atas daun pisang

Nasi Daun Pisang
Nasi Daun Pisang, image: dikbee.com

Yang menarik yaitu pada proses penyajian makanannya, pertama pelayan akan menyiapkan daun pisang di meja pelanggan. Kemudian pelayan menuangkan nasi pada daun pisang tadi, selanjutnya mereka akan menuangkan berbagai macam lauk dan kuah khas India, biasnaya pelayan tidak akan segan segan menuagkan nasi serta lauk pauknya.

9. Air Batu Campur

Air batu campur sekilas mirip dengan es teler di indonesia atau es khacang Singapura, minuman ini merupakan salah satu minuman khas Malaysia yang wajib kamu coba. Minuman ini terdiri dari es serut dengan topping kacang merah, agar-agar, kolang kaling, natade coco, cendol, dan susu di atasnya.

Air Batu Campur
Air Batu Campur, image: tajau.com

Beberapa penjual menambahkan potongan buah-buahan di atasnya seperti buah durian, sehingga rasanya lebih yummy. Walaupun terlihat simpel, minuman es ini sangat lezat dan yummy, apalagi bila dimakan siang-siang ketika cuaca terik.

10. Murtabah

Bisa disebut Murtabah ini Martabak verdi Malaysia, mempunya bentuk, rupa dan cara pembuatan yang sama dengan Martabak khas Indonesia. Rasanya juga mungkin tidak akan berbeda jauh dengan Martabak. Tapi walaupun begitu kamu tetap harus mencoba Murtabah ini bila berkunjung ke Malaysia.

Murtabah
Murtabah, image: tnp.sg

Terbuat dari telur, potongan daging, kulit adonan, bawang yang kemudian disatukan semuanya dan digoreng di atas wajan yang lebar, murtabah menjadi makanan favorit di Malaysia. Biasa dijual di court food dan Street food. Kamu pasti akan suka dengan Murtabah ini.

Supaya liburan di Malaysia lebih afdol, jangan lupa untuk mencoba semua rekomendasi makanan khas Malaysia di atas tadi. Selain harga yang terjangkau kamu bisa dengan mudah menemukan makanan halal di Malaysia, karena mayoritas penduduk adalah Muslim.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini