Tips Memilih Makanan Halal di Luar Negeri Ketka Berlibur

Tips Memilih Makanan Halal di Luar Negeri

Tips Memilih Makanan Halal di Luar Negeri – Salahsatu tantangan ketika berlubur atau melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri yaitu makanannya. Mulai mempertimbangkan harga makanan, selera dan bagu muslim pastinya mempertimbangkan kehalalan makanan tersebut, Karena bagi umat muslim makanan halal bukanlah sesuatu yang bisa ditawar.

Baca Juga: Tips Liburan Ke Luar negeri

Jika negara yang dikunjungi adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, mungkin mencari makanan halal tidak akan terlalu sulit. Contohnya seperti negara di Timur tengah, Malaysia dan Brunei, dengan mudah kita akan menemukana penjual makanan halal.

Tips Memilih Makanan Halal di Luar Negeri

Berbeda jika di negara yang akan dikunjungi penduduk muslim merupakan golongan minoritas, seperti di Eropa atau Amerika hal ini akan menjadi kendala. Nah, supaya kamu bisa terhindar dari makanan ataupun minuman non halal saat sedang berada di luar negeri, Rivald Net sudah merangkumnya buat kamu, yuk simak tipsnya di bawah ini.

Cari Info Seputar Makanan Halal di Negara Tujuanmu

Supaya lebih mudah menemukan makanan halal di destinasi liburanmu, sebaiknya carilah info terlebih dahulu seputar makanan halal di negara tujuanmu. Tentunya informasi soal jalan-jalan dan makanan halal cukup mudah didapatkan di era digital seperti sekarang. Kamu bisa membaca berbagai blog traveler, website, atau bertanya di forum dan grup travelling.

Kenali Istilah Bahan Makanan non Halal

Untuk menghindari makanan yang non halal, kamu perlu memahami istilah yang digunakan terhadap bahan-bahan makanan di negara tujuan. Biasanya bahan tidak halal yang digunakan di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim bukan hanya daging babi saja tetapi juga alkohol, dan berbagai bahan lainnya. Misalnya saja di Jepang, makanan yang mengandung babi ditandai dengan tulisan ‘Butaniku’.

Cari restoran vegetarian

Tips lain untuk mendapatkan makanan halal di luar negeri adalah dengan mengunjungi restoran vegetarian. Di restoran ini tidak mungkin terdapat daging hewani karena makanannya pasti terbuat dari bahan-bahan seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan bahan halal lainnya. Namun pastikan tidak ada campuran alkohol di dalam makananmu ya!

Kunjungi restoran Timur Tengah

Kalau kamu tidak tertarik ke restoran vegetarian, kunjungi saja restoran khas Timur Tengah yang ada di sekitar. Makanan khas Timur Tengah sudah cukup terkenal di berbagai negara dan kemungkinan besar halal. Misalnya saja seperti kebab, nasi kebuli, dan lain-lain.

Kunjungi Islamic Center

Di setiap negara, termasuk negara dengan mayoritas non muslim pun biasanya terdapat Islamic Center. Jika kamu bingung harus mencari makanan halal ke mana, kamu bisa kunjungi Islamic Center terdekat. Karena merupakan pusat komunitas muslim, maka biasanya di sana terdapat food court atau informasi mengenai restoran-restoran halal di sekitar.

Pengelompokan Makanan

Apabila dikelompokkan berdasar sikap terhadap status keamanan (kehalalan) makanan tsb untuk disantap, maka jenis-jenis makanan di LN dapat dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

1. Makanan Aman

Jenis makanan ini halal disantap karena diyakini tidak menggunakan atau tidak tercemar bahan haram. Contohnya sayur-sayuran segar, buah-buahan segar, susu murni, telur, ikan mentah, air minum murni yang belum tercampur bahan BTP.

2. Makanan Harus Diwaspadai

Jenis makanan ini statusnya syubhat, karena ada kemungkinan menggunakan bahan haram. Namun, jika kita bisa mengecek bahannya, maka statusnya insya Allah bisa berubah menjadi halal. Pengecekan ini bisa dilakukan melalui ingredients list, label suitability for vegetarian/vegan, customer service, dll.

3. Makanan Yang Harus Dihindari

Jenis makanan ini bisa dari jenis makanan yang berstatus haram atau jenis syubhat yang kita tidak dapat memastikan kehalalannya.

Oleh karena produk yang beredar di pasaran (supermarket, restaurant, dll) sangat banyak, maka mari kita berupaya memilah-milah, jenis-jenis makanan yang aman, yang harus diwaspadai, dan yang harus dihindari oleh kita sbg umat yang berusaha berhati-hati terhadap makanan yang kita santap.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memilih makanan halal di luar negeri. Buat kamu yang ingin berlibur ke luar negeri jangan lupa persiapkan semuanya dengan baik, apalagi bila perjalanan pertama kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini