Sejarah Kerak Telor, Kuliner Khas Betawi Yang Terkenal

Sejarah Kerak Telor, Kuliner Khas Betawi

Sejarah Kerak Telor – Indonesia adalah negara dengan keragaman budaya dan kuliner yang menabjubkan. Banyak sekali kuliner lezat serta menggugah selera yang siap memanjakan lidah. Menariknya lagi, kuliner di Indonesia memiliki kisah atau sejarah yang unik. Salah satu kuliner Indonesia tepatnya kuliner khas Betawi memiliki sejarah unik tersebut adalah kerak telor.

Mengenal Kerak Telor

Kerak telor adalah makanan khas Betawi Jakarta yang sering juga disebut sebagai omelete orang Betawi. Kerak telor biasanya dijajakan oleh pedagang yang ada di pinggir jalan saat ada perayaan di Jakarta baik perayaan memperingati Hari Jadi kota Jakarta maupun Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Kerak telor merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan telur yang kemudian disajikan bersama serundeng juga topping lainnya. Kerak telor umumnya dimasak menggunakan wajan dengan pengapian yang masih tradisional, dan dinikmati saat masih hangat supaya lebih terasa nikmatnya.

Untuk membeli makanan khas Betawi ini memang rada sulit, pedaganag kerak telor mungkin sulit di temukan di kota kamu, bahkan di kota asalnya pedagang kerak telor mulai langka. Tapi tenang kamu tetap bisa menemukannya di area-area favorit jakarat, seperti Kota Tua dan halaman depan Masjid Istiqlal.

Sejarah Asal Mula Kerak Telor

Sejarah Asal Mula Kerak Telor

Kerak telor diketahui telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, kerak telor diciptakan oleh masyarakat Betawi secara tak sengaja. Kerak telor tercipta setelah masyarakat Betawi atau Batavia mencoba membuat makanan dengan memanfaatkan banyaknya buah kelapa di sana. Dari hasil percobaan inilah kemudian tercipta kerak telor.

Baca Juga: 5 Monumen Patung Terkenal di Jakarta

Sekitar tahun 1970, masyarakat Betawi mulai menjajakan kerak telor di pasaran. Tidak disangka, ternyata banyak orang menyukai makanan ini. Bahkan, dulu kerak telor menjadi makanan favorit masyarakat kelas atas di Jakarta. Dan seiring dengan berkembangnya waktu, kerak telor menjadi makanan yang disukai semua kalangan masyarakat. Harga kerak telor pun semakin terjangkau untuk semua orang.

Nah itulah sejarah singkat mengenai asal mula kerak telor, makanan khas Betwai yang sangat terkenal ini. Pastikan bila kamu berkunjung ke Jakarta untuk mencoba makan makanan satu ini, dijamin kamu akan suka dan ketagihan dengan Kerak telor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini