Makanan Khas Tasikmalaya Paling Banyak Diburu Wisatawan

Oleh-oleh dan Makanan Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya – Kota Tasikmalaya juga jadi salah satu wilayah Sunda yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tasikmalaya terkenal dengan sebutan kota Santri. Di kota ini kamu akan mendapatkan banyak UMKM. Untuk menuju Tasikmalaya, kamu bisa menempuh hingga 6 jam perjalanan dari Jakarta. Namun jika menggunakan transportasi udara, cukup dibutuhkan sekitar 45 menit perjalanan.

Bila kamu sedang berkunjung di kota satu ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Tasikmalaya yang beranekar ragam, kamu juga bisa membawa makanan khas Tasikmalaya ini sebagai oleh-oleh ketika pulang ke rumah. Lalu apa saja makanan khas kota Tasik ini? Yuk simak di bawah ini:

Baca Juga: Makanan Khas Semarang Yang Enak dan Lezat

1. Nasi Cikur

Nasi cikur atau dalam bahasa Indonesia Nasi Kencur merupakan salahsatu makanan khas kota tasikmalaya, tapi sayangnya Nasi Cikur saat ini sedikit susah ditemukan di Kotas Tasikmalaya ini, hanya beberapa oarang saja yang masih menjual nasi cikiur.

Nasi Cikur - Makanan Khas Tasik

Nasi cikur memiliki rasa dan aroma khas yang dihasilkan dari cikur atau kencur, memang tidak semua orang akan menyukai nasi satu ini, karena tidak semua orang suka kencur. Walaupun begitu, tidak ada salahnya kamu mencoba makanan khas satu ini, apalagi nasi cikur dijual dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

2. Tutug Oncom

Oleh-oleh dan Makanan Khas Tasikmalaya

Oncom merupakan salahsatu makanan khas dari Sunda. Oncom seringkali didapati di berbagai makanan khas Sunda. di kota Tasikmalaya oncom diolah bersama nasi menjadi Nasi Tutug Oncom atau biasa disebut Nasi TO. Dalam bahasa Sunda, “Tutug” berarti Ditumbuk, jadi tutug oncom adalah oncom yang ditumbuk.

Baca Juga: 8 Oleh-Oleh Khas Yogyakarta Wajib Dibawa Pulang

Nasi tutug oncom menjadi salah satu makanan khas andalan Tasikmalaya. Biasanya wisatawan cukup membeli tutug oncom instan dalam kemasan. Kamu bisa membeli nasi tutug oncom ini mulai dari harga 4000. Cukup murah bukan? Berbeda dengan nasi cikur yang sudah mulai langka, kamu bisa mendapatkan Nasi Tutug Oncom dengan mudah, karena banyak sekali penjualnya.

3. Sale pisang

Makanan khas sekaligus oleh-oleh dari Tasikmalaya yang tidak kalah populer yaitu Sale, yaitu olahan pisang yang dijemur dan disajikan dalam bentuk irisan-irisan. Mungkin kamu pernah mendengar nama hidangan ini dari daerah lain, Tapi yang membuat beda sale Tasikmalaya, yaitu sale diiris dalam ukuran tebal, dan rasanya sedikit berbeda dari kebanyak sale.

Sale pisang Tasikmalaya dibuat dengan cara dijemur hingga pisang mengering. Setelah pisang kering, lalu diberi adonan tepung untuk kemudian digoreng pada minyak yang panas. Hasilnya adalah pisang yang kecokelatan dan bercita rasa manis. Sale di Tasikmalaya dijual mulai dari Rp 12.000.

4. Wajit

Makanan ini berbahan dasar beras ketan dan gula merah, biasanya ditambah dengan parutan kelapa. Wajit umumnya berbentuk limas menyerupai piramida dan dijual dalam kemasan bungkus daun jagung kering. Rasanya legit dan cenderung manis khas gula merah. Ciri khas bungkus daun jagung kering pada penganan ini pun membuat aromanya begitu menggugah selera.

Untuk mendapatkan wajit dengan cita rasa asli, kamu bisa datang ke Sentra Wajit dan Angléng di Kampung Bunisari, Desa Neglasari. Biasanya wajit dijual dalam satu kemasan dengan berat 250 gram. Harganya berkisar mulai dari Rp15.000 – 20.000. Wajit Tasikmalaya bisa awet hingga dua puluh hari dalam suhu ruangan. Jadi, aman kamu jadikan oleh-oleh.

5. Rangginang Oyek

Tasikmalaya mempunyai Rangginang khas sendiri loh, berbeda dengan kebanyakan rengginang di daerah pulau Jawa, Rengginang Oyek khas Tasikmalaya menggunakan bahan baku singkong. Proses pembuatannya pun sedikit berbeda. Pertama singkong dipotong-potong hingga berbentuk seperti beras.

Rengginang Oyek tasikmalaya

Kemudian ditambahkan dengan bahan kencur dan ketumbar untuk menambahkan cita rasanya. Setelah itu, singkong dibentuk seperti rengginang dan dijemur hingga kering sebelum akhirnya digoreng. Karena menggunakan kencur dan ketumbar, Rengginang Oyek ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit hangat. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena tidak mudah basi dan tidak membutuhkan cara penyimpanan khusus.

Itulah beberapa makanan khas Tasikmalaya yang bisa kamucoba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh. Dan tentu masih banyak makanan kash kota satu ini yang tidak disebutkan di atas, kamu bisa berbagi pengalaman kamu mengenai makanan khas kota Tasikmalaya di kolom komentar yaa..!

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini