Istilah Penerbangan Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Penerbangan Pesawat

Bagi kamu yang sudah terbiasa naik pesawat tentu sudah tak bingung lagi dengan berbagai istilah penerbangan yang sering kamu dapati. Namun untuk pemula yang belum pernah naik pesawat sama sekali, istilah penerbangan pesawat mungkin terkadang sedikit membingungkan karena ditulis dalam bahasa Inggris.

Banyak orang menggunakan pesawat karena harganya relatif murah, menjadikan pesawat terbang sebagai salah satu kendaraan yang lebih efisien. Apalgai bagi para pembisnis yang mengejar waktu, sudah pasti mereka akan menggunakan pesawat terbang untuk menyapai suatu tujuan.

Baca Juga: 7 Persiapan Sebelum Liburan Supaya Aman dan Nyaman

Bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan pesawat terbang tidak akan asing lagi dengan proses adimistrasi di bandara dan mengetahui jadwal penerbangan. Akan tetapi, bagi orang yang baru naik pesawat terbang pasti akan kebingungan dengan banyaknya istilah-istilah yang muncul. Oleh karena itu pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang istilah-istilah yang muncul di penerbangan.

Informasi Papan Status Penerbangan

Untuk menghindari keterlambatan saat di bandara, anda bisa melakukan check-in lebih awal, minimal kita sudah stand by 2 jam sebelum keberangkatan pesawat. Karena apabila anda terlambat saat berangkatke bandara, pesawat tidak akan menunggu anda, apapun alasan yang anda keluarkan.

Nah, hal pertama kali untuk mengantisipasi keberangkatan anda dengan pesawat terbang adalah melihat papan status pengumuman penerbangan. Maskapai penerbangan biasanya memiliki informasi keberangkatan, indikator yang harus diperhatikan ketika berankat adaalah Go To Gate atau Boarding.

Baca Juga: 7 Persiapan Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Dari istilah tersebut memberitahukan kepada kita agar senantiasa melakukan check-in dan segera melakukan proses pemeriksaan keamanan. Supaya tidak terlambat, check in bisa dilakukan secara online, karena saat ini sudah banyak maskapai yang menyediakan fasilitas check in online.

Istilah Dalam Penerbangan

Buat kamu yang belum pernah naik pesawat dan akan traveling dengan pesawat, kamu perlu tahu berbagai macam istilah penerbangan yang biasanya ditunjukkan dengan bahasa Inggris. Supaya kamu bisa menghindari salah paham dan selamat sampai tujuan.

Accompanied: Ketika kamu membeli tiket untuk anak/bayi, harus ditemani oleh orang dewasa yang membayar penuh sesuai tarif berlaku.

Adult: Seseorang yang telah berusia di atas 12 tahun.

Alternate Aerodrome: Bandara alternatif, yaitu bandara lain yang akan dipilih jika tidak bisa mendarat di bandara tujuan.

Apron: Tempat parkir pesawat.

Arrival: Bagian kedatangan.

Aviation: Institusi atau suatu lembaga penerbangan.

Anything to declare: Pertanyaan ini diajukan oleh petugas bea dan cukai, “Apakah kamu membawa benda-benda seperti alkohol dan rokok?”.

Baggage Tag: Dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan penerbangan untuk memberi tanda bagasi penumpang. Hal ini juga untuk memberi tanda tertentu (apakah benda tersebut dalam katagori benda pecah belah) dari bagasi tersebut. Pada baggage tag diberi nomor sesuai dengan nomor yang ditempelkan pada tiket penumpang.

Boarding Pass: Kartu yang diberikan kepada penumpang sebelum naik pesawat. Penumpang yang telah memegang boarding pass, menandakan proses check-in telah selesai dilakukan, dan siap untuk naik pesawat sesuai dengan kelas, kompartemen, dan nomor tempat duduk.

Booking: Proses pemesanan dan pembelian tiket.

Cabin Attendant: Penjaga kabin atau lebih dikenal dengan pramugari atau pramugara.

Climbing: Saat pesawat sedang terbang naik.

Connecting Flight: Pergantian pesawat lain atau menggunakan airline lain biasanya saat transit.

Child: Anak dengan ketentuan usia 2 – 12 tahun.

Baca Juga: Gaji Pramugari Maskapai Indonesia

Check-in luggage: Tas yang disimpan di bagian kargo dalam pesawat.

Carry-on luggage: Juga disebut hand luggage, dibawa oleh penumpang ke dalam kabin pesawat.

Departure: Keberangkatan.

Descending: Pesawat sedang terbang turun

Dangerous Good: Barang-barang yang termasuk dalam daftar membahayakan keselamatan penerbangan.

Destination: Kota tujuan terakhir, biasanya yang paling jauh dikunjungi oleh penumpang (jika penumpang melakukan penerbangan dengan transit).

Direct Flight: Penerbangan antara dua kota yang akan dikunjungi tanpa harus melakukan suatu pemberhentian (transit).

Fare: Jumlah biaya yang dibebankan kepada penumpang beserta barang bawaannya yang diterbitkan secara umum kepada publik berdasrkan jenis kelas.

Go-Show: Penumpang yang belum memesan tiket sebelumnya dan bermaksud untuk pergi menggunakan pesawat dengan datang langsung ke bandara.

Infant: Bayi berusia 0 – 24 bulan.

Landing: Pesawat mendarat.

Metals: Benda-benda seperti perhiasan, uang logam, dan kunci.

No-Show: Penumpang yang telah melakukan booking, namun tidak menggunakan hak-nya atau tidak muncul saat jadwal penerbangan miliknya.

Passenger: Setiap penumpang dalam pesawat kecuali awak kabin.

Ticketing Time Limit: Batas waktu konfirmasi pemesanan tiket oleh penumpang.

Istilah Status Penerbangan

Ketika kita pergi menggunakan Pesawat terbangan, dalam penerbangan ada beberapa kode status sebagai penunjuk dari keadaan penerbangan tersebut. Nah, and haarus paham kode status dalam penerbangan tersebut. Flight Stats adalah situs yang bisa membantu anda dalam mengetahui status dari penrbangan anda. Inilah dia status penerbangan yang harus anda ketahui:

Baca Juga: 7 Tips Liburan Backpacker

Schedule
Schedule adalah keberangkatan terjadwal pada sauatu penerbangan dan kedatangan sesuai rencana penerbangan yang terjadwal. Sebuah penerbangan yang terjadwal bisa berubah menjadi cancelled,active atau unknown.

Active
Dalam sebuah pernerbangan apabila statusnya aktive berarti maskapai yang terjadwalkan dalam status tersebut sedang dalam perjalanan kembali dari penerbangan atau bandara yang ada. Sebuah pesawat dengan status aktive bisa berubah menjadi status yang lain, yaitu bisa menjadi unknown, diverted atau landed. Sedangkan untuk mengetahui status penerbangan aktif bisa dilacak dengan situs Flight Stats.

Unknown
Flight Stats bisa berstatus unknown ketika mereka tidak mengetahui kedatangan maskapai yang terjadwalkan dalam status tersebut. Biasanya dikarenakan sumber data yang kurang valid.

Redirected
Apabila Flight Stats memberikan status Redirected ini menandakan bahwa penerbangan tersebut berubah rute dari bandara yang terjadwal. Jadi saat mendarat di suatu bandara yang terjadwal, nah pesawat tersebut akan berubah menjadi redirected.

Landed
Apbila status penerbangan landed, ini menandatakan bahwa maskapi telah sampai di bandara yang telah dijadwalkan.

Cancelled
Apabila status yang tertera adalah cancelled, ini menandakan bahwa penerbangan telah dibatalkan.

Delay
Apabila status yang muncul adalah delay, ini menandakan anda harus bersabar. Karena penerbangan yang telah dijadwalkan harus ditunda sementara waktu karena ada alasan tertentu.

No Operation
Apabila status yang didapatkan oleh anda adalah no operation berarti maskapai penerbangan tidak ada yang terjadwal atau tidak ada operational. Artinya, apabila anda bertanya kepada informasi yang tertera disana, meraka akan mengatakan bahwa maskapai yang anda maksudkan adalah maskapai yang tidak terjadwal.

En Route
Maskapai penerbangan yang terjadwal sedang menuju bandara yang tertera dalam status tersebut.

On Time
Status ini menandakan bahwa penerbangan yang tertera telah sampai tepat waktu dan dapat melakukan penerbangan sesuai dengan jadwal yang tertera.

Nah itulah istilah-istilah yang ada dalam maskapai penerbangan. Jadi bagi anda yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, pastikan anda mengethui istilah-istilah tersebut, agar anda tidak kebingunngan ketika di bandara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini