Cara Jualan Online Khusus Pemula Mudah dan Praktis

Cara Jualan Online Khusus Pemula Mudah dan PraktisCara Jualan Online Khusus Pemula Mudah dan Praktis

Cara Jualan Online Khusus Pemula – Pada era digital ini memulai bisnis sendiri sangatlah mudah. Kamu bisa memulai bisnis dengan modal yang minim bahkan tanpa modal sama sekali, dan cukup berdiam diri di rumah.

Ya tentunya dengan berjualan online, saat ini jualan online menjadi sebuah tren di tengah masyarakat. Jualan online mengalami perkembangan pesat dari tahun ketahunnya. Tidak heran semakin banyak usaha yang dipasarkan secara online.

Tips Jualan Online Bagi Pemula

Walaupun begitu, perlu kamu ingat, setiap usaha pasti memiliki hambatan, termasuk ketika berjualan online. Sebagai pemula, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai jualan online. Sebagai langkah awal, yuk simal ulasan Rivald Net mengenai beberapa cara jualan khusus pemula di bawah ini:

1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Bisnis memiliki 2 macam, yaitu menjual produk dan menjual jasa. Sebelum kamu memulai untuk jualan online, Kamu harus benar-benar mengetahui apa yang akan kamu tawarkan kepada  konsumen. Menawarkan produk atau jasa?

Cara jualan online produk ini, dapat dilakukan dengan membeli ataupun memproduksi sendiri barang jualan atau juga dapat menggunakan sistem dropship. Tidak selalu harus berjualan produk fisik, kamu juga bisa berjualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa dan sejenisnya.

Baca Juga: Bisnis Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan

Sedangkan jika kamu hendak menawarkan jasa dalam jualan secara online, ada beberapa contoh penawaran jasa yang bisa kamu coba. Contohnya, jasa desain, jasa konten artikel atau bahkan jasa sosial media.

Apapun jenis produk yang kamu jual, yang menjadi pon penting yaitu kamu harus benar-benar menyukai bisnis tersebut, supaya jualan online yang kamu jalankan dapat bertahan dan berkembang dalam jangka waktu panjang.

2. Manfaatkan Media Sosial

Jualan secara online, berarti kamu harus aktif melakukan pemasaran di internet, termasuk salahsatunya melalui media sosial. Media sosial memiliki banyak manfaat untuk usaha jualan online.

Dengan media sosial kamu dapat memperkenalkan produk yang kamu jual ke publik luas. Tentunya tanpa biaya apapun, alis gratis.

Selain itu, kamu juga dapat berjualan langsung melalui media soial, seperti di instagram, facebook ataupun whatsapp. Memang untuk sukses berjualan secara langsung di media sosial haruslah membangun reputasi yang baik. Karena pastinya tidak semua orang akan percaya, apalagi bila kamu baru terjun.

3. Berjualan di E-commerce

Berjualan di E-commerce bisa dibilang langkah jualan online yang mudah dan praktis, serta tidak memerlukan modal apapun untuk membuka toko di e-commerce. Kamu hanya tinggal persiapkan barang yang akan dijual serta deskripsi produk sehingga orang tertarik untuk membeli.

Baca Juga: Tips dan Strategi Reseller Hijab Online

Bila kamu tidak mempunyai produk sama sekali, maka kamu bisa ikut program dropship, alias menjual barang dari supplier, lalu mengambil untung dari selisih penjualan. Tentu tanpa harus modal dan stock barang.

4. Membuat Website

Setelah menentukan produk yang akan dijual serta telah membuat media sosial, tahap selanjutnya kamu bisa membangun website pribadi khusus untuk jualan. Dengan memiliki website pribadi, maka bisnis kamu akan terlihat lebih professional dan konsumen akan lebih percaya.

Kamu bisa mengarahkan pengunjung dari media sosial menuju website kamu. Banyak keuntungan yang dapat diraih dengan adanya website pribadi ini. Misalnya transaksi otomatis, jangakaun luas, siapapun dapat mengakses dan mengetahui info mengenai produk yang kamu jual.

Untuk membuat website toko online sendiri sebetulnya terbilang murah dan tidak terlalu memakan banyak biaya. Secara garis besar kamu tinggal menyiapkan domain sekitar Rp 100.000 pertahun, hosting mulai dari 200.000 pertahun. Lalu theme khusus untuk jualan online yang bisa kamu miliki mulai dari harga Rp 300.000.

5. Pemasaran Yang Tepat

Sebelumnya kamu telah menentukan produk yang akan kamu jual, serta menyiapkan “lapak” untuk kamu jual produk kamu secara online seperti media sosial, website ataupun E-commerce.

Nah, tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih pasar atau segmentasi yang tepat dan relevan dengan produk yang kamu jual.

Misalnya kamu memiliki produk hijab muslimah, dan kamu hendak berjualan online melalui media sosial facebook. Maka untuk melakukan pemasaran yang tepat, kamu dapat menawarkan produk kamu pada grup  facebook dengan anggota wanita muslimah.

Memilih pasar yang tepat juga dapat diraih dengan beriklan di facebook ads ataupun google ads. Ketika beriklan di kedua platform tersebut, kamu dapat melakukan menentukan target pasar yang tepat.

6. Membangun Brand

Setelah semua kamu kerjakan dengan baik dan konsisten langkah selanjutnya yaitu membangun nama brand bisnis. Brand dengan reputasi yang baik tentu akan menjadi pertimabangan ketika seseorang hendak berbelanja online.

Baca Juga: Pentingnya Brand dan Merek Bagi Bisnis dan Perusahaan

Oleh karena itu membangun brand sangatlah penting dalam bisnis, tidak hanya bisnis online tentunya, tapi juga bisnis yang dilakukan secara langsung.

Untuk sukses berjualan online memang butuh proses dan yang penting kamu dapat mempelajari serta memahami sistem yang ada. Kamu dapat mulai berjualan online dengan modal minim seperti membuka toko di E-commerce ataupun berjualan di media sosial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini