Asal Usul Seblak, Makanan Pedas Khas Bandung

Asal Usul Seblak

Asal Usul Seblak – Siapa yang tidak tahu makanan seblak? Makanan yang konon katanya bersal dari Bandung, Jawa Barat ini menjadi makanan yang banyak disukai anak muda, karena rasanya yang pedas, segar dan gurih membuat ketagihan.

Seiring dengan naiknya kepopularan seblak, tahu kah kamu dari mana asal usul seblak itu? Seblak merupakan makanan olahan khas Bandung Jawa Barat. Seblak mulai popular di Jawa Barat pada tahun 2005-an.

Banyak orang yang beranggapan seblak adalah kerupuk mentah yang rebus lalu dikasih bumbu dan cabai. Padahal, seblak sejatinya adalah nama bumbu yang terbuat dari kencur atau cikur dalam bahasa Sunda, yang pada saat itu populer di Sunda.

Makanan Seblak
Makanan Seblak

Jadi initinya seblak itu adalah nama bumbu yang pedas dan gurih serta memiliki aroma kencur, sedangkan kerupuk hanyalah topping pelengkap makanan seblak tersebut.

Saat ini seblak memiliki banyak varian, mulai dari seblak original yang biasanya terdiri dari kerupuk, makroni, mie lalu bumbu khas seblak, kemudian ada seblak telur, seblak tulang sampai ada juga seblak yang menggunakan topping keju mozarella dan ceker ayam.

Baca Juga: Sejarah Kerak Telor, Kuliner Khas Betawi Yang Terkenal

Memang saat ini seblak menjadi salahsatu makanan yang banyak digemari, khususnya oleh anak muda. Di mana-mana kamu bisa dengan mudah mendapatkan penjual seblak, khususnya di Jawa Barat dan Jabodetabek. Tiap kamu buka aplikasi Gofood atau Grabfood pasti kamu akan menemukan penjual seblak.

Banyak yang menyebut seblak merupakan makanan yang kurang sehat, karena teksturnya yang susah dicerna tubuh serta rasa pedas yang berlebihan yang bisa berbahaya pada alat pencernaan. Hal itu memang benar, oleh karenya, jangan terlalu sering makan seblak apalagi dengan level kepedasan yang tinggi.

Nah demikianlah asal usul seblak serta sejarah singkatnya. Setelah membaca artikel ini mungkin kamu sudah tidak penasaran lagi dari mana asal mula makanan seblak dan fakta mengenai makanan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini