Alasan Umum Permohonan Visa Ditolak

Alasan Umum Permohonan Visa Ditolak

Alasan Permohonana Visa Ditolak – Passport dan Visa adalah salah satu dokumen yang paling penting ketika hendak berpergian ke Luar Negeri, baik untuk perjalanan bisnis, pendidikan atau liburan.

Passport dan Visa tersebut berfungsi sebagai indentitas internasional. Passport belaku di semua negara adapun Visa, ada beberapa negara yang dapat dikunjungi oleh pemegang Passport Indonesia bebas visa atau cukup menggunakan Visa On-Arrival (VOA) pada saat di bkamura.

Baca Juga: Daftar Negara Bebas Visa Untuk Warga Indonesia

Jika tidak mengunjungi negara-negara bebas visa atau VOA tentu saja kita harus mengurus Visa terlebih dahulu dan tidak sedikit orang yang visanya ditolak bisa jadi karena pengurus jasa visa yang kurang kompeten. Berikut beberapa alasan dan faktor penyebab Visa kamu ditolak:

1. Masalah Keuangan

Ada beberapa ketentuan mengenai keuangan yang dapat menyebabkan terjadinya kegagalan permohonan Visa. Yang pertama, besarnya dana yang kurang mencukupi persyaratan Visa

Kemudian yang edua, adanya mutasi yang tidak wajar, seperti keuangan yang masuk tiba-
tiba dengan jumlah yang sangat besar dengan cara mendadak dalam waktu
beberapa hari sebelum tanggal cetak rekening.

Masalah keuangan yang merupakan Faktor utama bagi pemberi Visa. Bahwa kamu memiliki keuangan yang cukup menghidupi perjalanan kamu di negara yang akan dikunjungi.

2. Alasan Berpergian Yang Kurang Jelas

Alasan berpergian yang kurang meyakinkan pun menjadi salah satu faktor yang sering ditemui dalam pembuatan visa. Contohnya kurang informasi mengenai pekerjaan. Atau tidak bisa membuktikan bahwa kamu memang akan kembali lagi ke indonesia setelah liburan selesai, bukan mencari pekerjaan, jodoh atau berniat tinggal di negara yang kamu kunjungi.

3. Surat Sponsor Yang Tidak Meyakinkan

Kedutaan meminta surat referensi atau sponsor dari pihak sponsor dari tempat kamu bekerja atau dari bank sekalipun. Kamu juga harus memastikan bahwa surat sponsor kamu memiliki kop surat, cap, dan alamat yang jelas dan ditkamu-tangani oleh pihak yang berwenang atau yang mengijinkan kamu untuk pergi ke suatu Negara tersebut. Kedutaan seringkali menelpon kepada pihak perusahaan yang menanyakan bahwa orang tersebut benar bekerja di tempat perusahaan tersebut.

4. Tidak Memiliki Asuransi

Asuransi Perjalanan merupakan salah satu yang penting juga untuk permohonan visa terutama Visa Eropa dan Schengen. Jika Kamu tidak menunjukan asuransi perjalanan kamu atau asuransi kamu tidak berlaku, kemungkinan besar pemohon yang akan diajukan gagal. Pastikan kembali bahwa Asuransi yang kamu miliki memenuhi persyaratan minimum cover sesuai negara yang akan dikunjungi.

5. Passport Yang Segera Kadaluarsa

Selain Passport yang mendekati masa kadaluarsa, kemungkinan akan dikembalikan atau bahkan ditolak karena pada umumnya untuk mebuat Visa batas minimal masa berlaku passport adalah 9 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Kalau memang ada keraguan pada passport yang sudah mendekati Expired lebih baik diperpanjang terlebih dahulu sebelum melakukan pembuatan Visa .

6. Tidak Menunjukan Bukti Pemesanan Hotel dan Tiket

Beberapa kedutaan, terutama Negara-negara di Eropa mewajibkan permohonan Visa untuk menyertakan bukti Book Hotel dan Tiket yang sudah terkonfirmasi. Sehingga kamu harus memesan tiket dan hotel terlebih dahulu.

Nah itu beberapa alasan umum permohonana visa ditolak yang perlu kamu ketahui. Bila permohonana kamu ditolak jangan menyerah, mungkin ada hal-hal yang missing seperti dijelaskan di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini