Tips Naik Kereta Api Saat Musim Mudik

Tips Naik Kereta Api Saat Mudik

Tips Naik Kereta Ketika Musim Mudik – Tidak terasa sebentar lagi musim mudik akan segera tiba. Mungkin banyak dari kalian yang sudah mempersiapkan mudik tahun 2020 ini jauh jauh hari, salahsatunya membeli tiket transportasi yang akan digunakan.

Salahsatu moda transportasi yang banyak digunakan di saat mudik yaitu Kereta Api. Traveler yang mau pulang kampung mesti siap-siap dari sekarang.

Tips Naik Kereta Api di Saat Musim Mudik

Nah bagi kalian yang akan menggunakan kereta api ketika mudik nanti, Rivald Net menyiapkan beberapa tips bagi kalian. Yuk simak di bawah ini:

1. Beli Tiket Jauh Jauh Hari

Tiket mudik Lebaran biasanya sudah terjual habis dari 2 bulan sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah membeli tiket kereta ini jauh-jauh hari, kamu dapat membeli tiket kereta api dengan mudah dan cepat secara online.

Dan pastikan membeli tiket di loket atau penjual yang resmi, jangan mau beli tiket di tempat yang tidak resmi alias ilegal atau melalui iming-iming para calo. Kamu harus waspada juga akan penipuan tiket.

2. Cek Barang Bawaan

Jangan lupa untuk membawa barang apa saja yang diperlukan saat di kampung nanti. Didaftar terlebih dahulu agar tidak tertinggal. Pastikan yang ditinggal mudik sudah aman dan yang dibawa mudik tak merepotkan sepanjang perjalanan.

3. Hitung bagasi mudik

Mudik naik kereta akan membatasi barang bawaan Anda. Jika membawa serta istri dan anak-anak pasti akan banyak pula barang bawaannya dengan ruang terbatas di gerbong kereta. Tetap peduli ke penumpang yang lainnya ya!

4. Pakailah baju yang nyaman

Kereta sudah dilengkapi AC di semua kelasnya, dari Ekonomi-Eksekutif. Usahakan untuk memakai baju dan alas kaki yang nyaman, Jika stasiun kereta akan penuh dan pasti panas saat siang dan jika bermalam di kereta bisa jadi suhunya berubah drastis.

5. Bawa benda pengusir bosan

Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya adalah kota-kota besar tujuan para traveler yang mudik naik kereta. Perjalanan yang panjang bisa disiasati dengan benda-benda pengusir bosan, seperti buku, pemutar musik yang sudah diisi dengan lagu-lagu favorit dan kalau pulang ramai-ramai, bawa permainan seperti kartu remi.

6. Tetap hati-hati dan waspada

Faktor keamanan harus diperhatikan saat mudik Lebaran naik kereta. Jangan pakai perhiasan berlebihan, hati-hati dengan dompet dan ponsel.

7. Makan bekal sendiri

Hati-hati menerima pemberian makanan dari orang asing, lebih baik makan bekal sendiri. Kalau ngantuk dan mau tidur, pastikan tas kamu aman atau gantian tidur dengan kerabat dan keluarga.

8. Taati peraturan

Kereta mempunyai beberapa peraturan yang harus dilakukan, yakni dilarang merokok sepanjang perjalanan. Tidak menaruh tas di lorong atau duduk di sambungan kereta. Jika melanggar traveler bisa diturunkan di stasiun terdekat, sayang sekali bukan?

9. Sebelum turun dari kereta

Yey! Akhirnya perjalanan berjam-jam usai sudah. Eits jangan lupa untuk selalu mengecek barang apa saja yang mungkin sudah dikeluarkan dari tas. Lalu jangan lupa untuk sellau mengingat barang bawaan apa saja yang Anda bawa. Jangan sampai tertinggal di dalam kereta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini