Inovasi Teknologi Yang Membuat Travelling Lebih Mudah

Inovasi Teknologi Dalam Travelling

Inovasi Teknologi Dalam Travelling – Kehadiran teknologi berperan penting dalam mempermudah kehidupan di dunia dalam berbagai hal, salah satunya sektor travelling atau pariwisata. Perubahan perilaku wisatawan terlihat ketika search and share 70% sudah melalui perangkat digital.

Memang saat ini industri perjalana dan pariwisata atau tour & travel tidak bisa lepas dari peranan teknologi. Agen travel kini banyak yang beralih menggunakan teknologi karena pasar saat ini sangat mengandalkan teknologi.

Teknologi pada industri travel tentunya memberikan banyak keuntungan baik bagi penyedia travel itu sendiri maupun bagi pelanggan. Dengan teknologi semuanya dapat dikemas dengan rapi, simpel dan cepat. Oleh karena itu tak henti-hentinya orang terus membuat inovasi teknologi.

Inovasi Teknologi Dalam Travelling

Tentunya dengan perkembangan teknologi yang pesat memiliki dampak postif salahsatunya pada industri travel dan perjalanan. Berikut ini beberapa inovasi teknologi dalam travelling.

1. Pemesanan Online

Pemesanan online tentu sangat memudahkan para pelancong dalam melakukan perjalanan. Sebelum hadir sistem pemesanan online, pelanggan harus berlama-lama mengantri untuk memesan tiket perjalanan di agen-agen yang dulu masih terbatas.

Dengan sentuhan inovas teknolgi, masalah di atas dapat diselesaikan. Saat ini, kamu dapat memesan tiket perjalanan dengan cepat secara online, dan melakukan pembayaran juga dapat secara online. Kamu dapat memesan tiket jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan.

Baca Juga: Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Oleh Traveller

Pemesanan tiket secara online tentu akan sangat efisien serta efektif, mengingat kamu tidak perlu pergi ke agen tiket dan menunggu antrian yang lama. Kamu bisa memesan tiket bus dan penerbangan secara online melalui smartphone atau desktop.

2. GPS (Global Positioning System)

Teknologi GPS atau Global Positioning System merupakan inovasi yang sangat bermanfaat bagi industri perjalanan. GPS ini awalnya diperkenalkan pada perangkat tertentu, tapi hari ini GPS dapat digunakan di berbagai gadget seperti smartphone, serta terintegrasi dengan aplikasi perjalanan.

Dengan adanya teknologi GPS, pelancong bisa menggunakannya untuk menelusuri berbagai tempat di seluruh dunia. Inovasi teknologi GPS tentu sangat menguntungkan bagi penyedia jasa travel dan pelancong seperti kita.

3. E-Tiket

Inovasi teknologi dalam travelling selanjutnya adalah E-tiket. E-tiket atau tiket elektronik merupakan tiket dalam bentuk digital yang menggantikan tiket konvesional. Pada sektor travel, E-tiket biasnaya digunakan untuk penerbangan, hotel, tiket kereta api, bus dan banyak lagi.

Dengan adanya sistem e-Tiket ini, diharpakan dapat membuat proses check-in lebih mudah, konsumen tidak perlu print out tiket konvesional yang berbentuk kertas atau surat standar.

Hadirnya e-tiket ini tentu menguntungkan banyak pihak, terutama agen perjalanan maupun kita sebagai pelancong sehingga bisa melakukan traveling lebih mudah dan nyaman. Sedangkan keuntungan dari sisi penyedia travel perjalanan, dapat menghemat waktu dan logistik.

4. Pemesanan Tiket Melalui Chat Robot

Tidak hanya pada robot, Kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence  juga dapat digunakan pada industri travelling dan perjalanan. Contohnya saat ini sudah tersedia layanan pelanggan yang menggunakan teknologi Artifical Intelligence, dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan hotel, pesawat melalui chatbot.

Tentu saja hal ini lebih efesien dan efektif serta dapat memangkas hal-hal yang dikiri tidak diperlukan. Pelanggan akan lebih mudah dan nyaman dalam menggunakna layanan. Berikut ini video contoh pemesanan tiket pesawat melalui chatbot dengan teknologi Artifical Intelligence.

5. Inovasi Teknologi Pengenalan Identitas

Teknologi pengenalan identitas sangat menarik dalam daftar tren teknologi di dunia, karena potensinya dapat mengurangi tindak kejahatan. Teknologi pengenal identitas diantaranya seperti pengenalan sidik jari, pengenalan wajah, pemindaian retina dan berbagai pengidentifikasi biometrik lainnya.

Teknologi pengenalan identitas ini tentu sangat membantu dalam sektor perjalanan dan pariwisata. Contohnya digunakan ketika kamu hendak melkaukan perjalanan ke luar negeri, pastinya kamu akan melewati pos imigrasi yang dimana memerlukan perekaman identitas menggunakan teknologi pengenalan ini.

6. Aplikasi Startup Perjalanan

Seperti yang bisa kamu lihat saat ini, bisnis startup di Indonesia sangat berkembang dengan pesat. Salahsatunya yaitu aplikasi startup yang bergerak pada bidang travelling dan perjalanan, dimana aplikasi inidigunakan untuk memesan tiket perjalanan dan penginapan.

Contonya yaitu Traveloka, Booking.com, Tiket.com, Trivago dan Agoda dan masih bnayak startup perjalanna lainnya. Hadirnya startup ini tidak hanya meningkatkan perekonomian, namun juga membawa perubahan bagi pada model bisnis travel dan pariwisata.

Para pelancong bisa memesan tiket, hotel atau destinasi wisata yang diinginkan melalui aplikasi yang dapat didownload secara gratis. Kemudahan akses ini tentu membuat perjalanan traveling lebih mudah, nyaman dan cepat.

Kesimpulan

Hari ini teknologi mengalami kemajuan yang sangat signifikan, teknologi berdampak positif pada semua bidang industri di dunia. Salahsatunya dalam hal ini yaitu industri tour dan travel. Dengan teknologi akses layanan tour travel lebih mudah.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kamera Untuk Travelling

Teknologi memberikan manfaat bagi penyedia travel maupun pelancong seperti kita. Semua menjadi mudah dan cepat karena teknologi, contohnya ketika melakukan pemesanan tiket pesawat atau hotel yang bisa dilakukan secara online dimanapun kapanpun.

Demikianlah informasi yang dapat Rivald Net sampaikan, semoga informasi mengenai inovasi teknologi pada travelling ini bisa bermanfaat bagi kamu yang suka berpergian. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar travelling dan wisata hanya di situ Rivald.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini