Besar Gaji TNI dari Pangkat Terendah Sampai Tertinggi

Besar Gaji TNI dari Pangkat Terendah Sampai Tertinggi

Besar Gaji TNI – Setiap tahunnya orang yang mendaftar TNI selalu meningkat, karena seorang TNI memiliki wibawa yang tinggi dan juga memiliki karisma yang berbeda. Selain itu juga, seorang TNI akan menjadi sseseorang yang mengabdi kepada negara yang membela negaranya.

Tentara Nasional Indonesia atau biasa disingkat TNI merupakan nama sebuah angkatan perang dari negara Indonesia. Terdapat terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. Banyak yang pensaran dengan besar gaji yang diterima oleh anggota TNI ini.

Gaji yang didapatkan oleh seorang TNI hampir sama dengan gaji seorang PNS. Hanya saja, ada beberapa perbedaan yang didaatkan oleh TNI. Gaji yang didapatkan seorang TNI tentu tidak sama. Tergantung dari pangkat, golongan, jabatan, dan masa kerja yang telah dilaluinya.

Gaji Pokok TNI

Besar gaji yang di dapatkan oleh seorang TNI ditentukan berdasarkan pangkat yang ia terima, Seorang TNI mendapatkan 2 macam gaji yaitu Gaji pokok seorang TNI dan tunjangan yang diterima pada gaji bulanan. dan Remunerasi TNI atau tunjangan kinerja TNI.

Golongan 1 tamtama

  1. Prajurit dua atau prada mendapatkan gaji sebesar 1.565.200
  2. Prajurit satu atau yang sering disebut pratu mendapatkan gaji sebesar 1.614.400
  3. Prajurit kepala atau praka mendapatkan gaji sebesar 1.664.500
  4. Kopral mendaptkan gaji sebesar 1.716.600
  5. Kopral satu mendapatkan gaji sebesar 1.770.700
  6. Dan kopral kepala menerima gaji sebesar 1.825.6000

Golongan II Bintara

  1. Sersan II atau serda mendapatkan gaji sebesar 2.003.300.
  2. Sersan I atau Sertu mendapatkan gaji sebesar 2.065.900.
  3. Sersan kepala atau Serka mendapatkan gaji sebesar 2.130.500.
  4. Sersan Mayor mendapatkan gaji sebesar 2.197.100
  5. Pembantu Letnan dua atau Pelda mendapatkan gaji sebesar 2.265.800.
  6. Pembantu Letnan satu atau Peltu mendapatkan gaji sebesar 2.336.600.

Golongan III Perwira Pertama

  1. Letnan dua mendapatkan gaji sebesar 2.604.400.
  2. Letnan satu mendapatkan gaji sebesar 2.685.800.
  3. Dan kapten mendapatkan gaji sebesar 2.769.800.

Golongan IV Perwira Menengah

  1. Mayor mendapatkan gaji sebesar 2.856.400
  2. Letnal Kolonel mendapatkan gaji sebesar 2.915.700
  3. Kolonel mendapatkan gaji sebesar 3.037.700

Golongan Perwira Tinggi

  1. Laksamana pertama (Laksama), brigadir jendral (Brigjen), Marsekal Pertama (Marsama) gaji pokok sebesar 3.132.700
  2. Mayor Jendral (Mayjen), Marsekal Muda (Marsa), dan laksamana Muda gaji pokok sebesar 3.230.600
  3. Letnal Jenderal, Laksamana Madya, Marsekal Madya gaji pokok sebesar 4.835.600
  4. Jendral, Marsekal, Laksamana gaji pokok sebesar 4.986.700.

Gaji Tunjangan TNI

Gaji diatas adalah gaji pokok yang diterima setiap tentara berdasarkan pangkat yang mereka pegang. Untuk selanjutnya, selain dari gaji pokok yang mereka terima, ada juga tunjangan-tunjangan yang mereka terima selama menjadi tentara. Tunjangan-tunjangannya sebagai berikut:

Tunjangan Pasangan

Untuk seorang tentara yang sudah memiliki suami atau istri, diberikan tunjangan bagi mereka sebesar 10% dari gaji pokok yang mereka terima.

Tunjangan Anak

Selain dari tunjangan Istri/suami, tentara juga diberikan tunjangan bagi anak-anak mereka. Maksimal tunjangan yang diberikan kepada anak adalah 2 dengan besaran 2% dari gaji pokok yang didapatlannya.

Tunjangan Umum/Jabatan/Fungsional

Setiap anggota TNI yang menduduki suatu jabatan struktural, mendaoatkan tunjangan umum bagi mereka. Sebagaimana Perpres nomor 27 tahun 2007 dengan tunjangan aling rendah sebesar 360.000 di golongan 9. Dan tunjangan paling besar adalah 5.500.000 dengan golongan 1.

Tunjangan Beras TNI

Untuk masing-masing anggota TNI akan mendapatkan tunjangan beras 18 kg setiap bulannya. Lalu 10 kg untuk suami/istri beserta dua anak. Jika seorang tentara memiliki istri/suami plus 2 orang anak, maka beras yang diterimanya adalah 1 x 18 kg ditambah 3 x 10 kg sehingga jumlahnya mencapai 48 kg.

Tunjangan beras ini diberikan bukan dalam bentuk beras, akan tetapi dalam bentuk uang. Besar kecilnya uang akan diberikan berdasarkan peraturan Dirjen Perbendaharaan.

Tunjangan Lauk Pauk TNI

Tunjangan lauk pauk ini khusus diberikan kepada porli dan TNI, dan tunjangan ini tidak berlaku untuk PNS.
Besaran uang yang diterima oleh TNI per harinya akan lebih besar daripada uang makan PNS. Uang lauk pauk yang akan diterima oleh seorang tentara menggunakan rumus, yaitu 1 bulan x tarif uang lauk pauk perhari.

Tarif uang lauk pauk perhari yang diebrikan adlaah 50.000. dengan demikian, apabila kita hitung dalam sebulan maka yang didapatkan oleh seorang TNI adalah 1.500.000. Pada tahun 2017, ada kenaikan uang makan sebesar 5000. Sehingga tunjangan lauk pauk TNI perhari mendapatkan 55.000.

Tunajangan Operasi Pengamanan

Tunjangan ini diberikan kepada prajurit-prajurit yang ditugaskan ke pulau-pulau terkecil yang ada di indonesia, baik diperbatasan ataupun di dalam pulau. Tugas ini diberikan secara penuh kepada mereka. Untuk tunjangan yang mereka dapatkan adalah sebagai berikut:

  1. 50 persen dari gaji pokok diberikan kepada tentara yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau-pulau kecil tanpa penduduk.
  2. 100 persen diberikan kepada perajurti dari gaji pokok yang ia dapatkan selama bertugas dan tinggal di wilayah pulau-pulau terkecil yang berpenduduk.
  3. 3. 75 persen diberikan kepada seorang tentara dari gaji pokok yang ia terima selama bertugas dan tinggal di tempat perbatasan wilayah.
  4. 4. 50 persen diberikan kepada prajurti dari gaji pokok yang ia terima selama bertugas dan tinggal di wilayah udara dan laut perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar

Tunjangan operasional pengamanan ini akan diberhentikan, apabila telah selesai melaksanakan tugas operasi pengamanan tersebut. Operasi pengamanan biasanya dilakukan oleh anggota TNI yang terpilih, dan tidak semua anggota bisa melakukan tugas ini.

Tunjangan Khusus Pajak

Tunjangan pajak yang diterima oleh seorang TNI tidak menambah gaji yang mereka terima, karena tunjangan pajak ini diberikan untuk mebayar pajak mereka.
Karena setiap warga indonesia wajib membayar pajak, apabila mereka teah dikenai sebuah pajak.

Tunjanagn Kinerja TNI

Tunjangan kinerja TNI ini diberikan berdasarkan kelas jabatan yang ia pegang. Jabatan terendah yang ia pegang mendapatkan tunjangan kinerja sebesar 1.108.800. sedangkan tunjang paling besar yang ia dapatkan adalah 35.071.200.

Demikianlah daftar lengkap gaji anggota TNI di Indonesia, mulai dari pangkat paling rendah sampai pangkat tertinggi. Gaji seorang anggota TNI memanglah cukup besar, tapi dibalik semua itu ada tanggung jawab yang lebih besar, yaitu mengamankan segenap NKRI. Baca Juga: Besar Gaji Polisi dari Pangkat Terrendah Sampai Tertinggi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini